Tips Sehat Agar Tidak Mudah Sakit Ketika Musim Hujan

No Comments
Musim apa sekarang ini? Musim panas? Bukan. Musim hujan iya kan? Di berbagai daerah kita tau kan karena musim hujan menyebabkan banjir, tanah longsor dan gampang banget kena wabah penyakit akibat banjir. 


Banjir yang disebabkan karena air curah hujan yang semakin besar setiap harinya menjadikan rawan terkena penyakit-penyakit yang disebabkan hujan. Biasanya, penyakit yang mudah terjadi ketika musim hujan itu flu, batuk, pilek, bersin-bersin, dan mungkin sampai terkena demam berdarah karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang bisa berkembang lebih cepat ketika musim hujan terjadi. Hihi seram ya?

Nah, untuk itu pasti kamu juga harus dan wajib mengetahui tentang bagaimana caranya agar badan kuat, ketika musim hujan. Maksudnya badan kuat disini adalah badan yang sehat, tidak gampang terkena dan terserang penyakit seperti yang tadi dicontohkan.

Dan berikut ini, adalah beberapa Tips Sehat Agar Tidak Mudah Sakit Ketika Musim Hujan, yuk simak selengkapnya!


Pertama, jika kita kehujanan karena sedang melakukan keperluan atau aktivitas harian maka ketika sampai di rumah segera mandi dan keramas karena partikel polusi yang ada pada air hujan dapat mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh.

Kedua, harus mengusahakan atau menjaga agar tubuh selalu dalam keadaan hangat dengan mengenakan baju penghangat seperti jaket atau sweater dan lainnya. Selain itu usahakan juga untuk minum-minuman yang hangat juga makanan yang hangat guna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Ketiga, selalu tidur yang cukup sesuai standar sehat lamanya tidur yaitu bagi orang dewasa minimal tidur 6-8 jam perhari. Jika kita bagadang karena sebuah tuntutan maka diharuskan tidur di siang harisnya karena tidur merupakan fase di mana tubuh memperbaiki daya tahan tubuh.

Keempat, tetaplah rutin berolahraga selama musim hujan, apalagi saat ini hujan tidak menjadi alasan untuk tidak berolahraga sebab banyak olahraga di dalam ruangan yang masih bisa kita kerjakan seperti gym maupun futsal atau badminton dan lain-lain. Tentunya ini bertujuan agar dengan olahraga akan membuat aliran darah lancar dan metabolisme tubuh tidak terhambat akibat udara dingin selama musim hujan.

Kelima
, agar tidak gampang  minum air putih dikarenakan air putih merupakan sarana detokfisiksi yang baik dimana air bisa membantu melepaskan racun-racun yang terdapat dalam tubuh kita. Usahakan meminum air minimal sebanyak 8 gelas perhari untuk menghindari  terjadinya gejala dehidrasi.

Keenam, jaga makanan kita agar selalu sehat dan bersih, sebab pada musim hujan bakteri dan kuman mudah tersebar sehingga penyakit infeksi dan menular sering terjadi di masyarakat.

Dan terakhir adalah jaga kebersihan rumah kita terutama genangan air dan saluran air yang berada disekeliling rumah. Sebab kita sendiri tau kan pada musim hujan genangan dan saluran tersebut merupakan tempat mudah menjadi sarang berbagai serangga pembawa penyakit.

Nah, demikianlah informasi mengenaitips sehat yang harus dilakukan agar kita tidak mudah sakit ketika musim hujan. Semoga bisa bermanfaat ya untuk pembaca! Salam sehat selalu ~

obat keputihan wanita hamil | Obat QnC Jelly Gamat | Glucocoa dan Glucoberry ASLI