Mengenal Beberapa Jenis Kista Pada Wanita

No Comments
Kista pada wanita, mungkin lebih banyak mereka yang mendengar bahwa kista terjadi di ovarium dan kista rahim. Namun yang perlu Anda tau bahwa ternyata kista yang bisa tumbuh dirahim tidak hanya kista ovarium saja, ada beberapa jenis kista lain yang patut diwaspadai oleh Anda sebagai wanita.


 


Berdasarkan data yang ada di forum kesehatan, jenis-jenis kista yang jarang kita ketahui ini, diantaranya :

 
  • Kistoma Ovarii Simpleks,

 
Adalah merupakan jenis kista yang permukaannya rata dan halus, biasanya bertangkai, sering kali bilateral, dan dapat menjadi besar. Dinding kista tipis berisi cairan jernih yang serosa dan berwarna kuning.

 
  • Kistadenoma Ovarii Musinosum,

 
Kistadenoma Ovarii Musinosum adalah jenis kista yang berisi cairan berupa lendir kental yang lengket. Bentuknya menyerupai ingus tapi sifat pelekatannya mirip kanji. Kista musinosum akan membesar akibat adanya kehamilan. Oleh sebab itu, saat kista musinosum terdeteksi harus kista jenis ini harus segera diangkat.

  • Kistadenoma Ovarii Serosum,

Kistadenoma ovarii serosum adalah jenis kista yang harus diwaspadai karena dalam beberapa kasusnya, kista ini sering berubah menjadi penyakit ganas (kanker). Kistadenoma Ovarii Serosum ini berisi cairan bening yang bentuk dan warnanya seperti air perasan kunyit. Jika bersarang di indung telur, kista ini mudah pecah. Proses pembesaran kista serosum sangat dipengaruhi siklus haid karena saat haid terjadi penambahan jumlah cairan dalam indung telur.
 

  • Kista Dermoid,

Bentuk dari Kista Dermoid adalah cairannya seperti mentega. Kandungannya tak hanya berupa cairan, tapi juga ada partikel lain, seperti rambut, gigi, tulang, atau sisa-sisa kulit. Kista ini merupakan bawaan sejak lahir dan bisa dialami oleh perempuan dan bahkan laki-laki.

 

obat keputihan wanita hamil | Obat QnC Jelly Gamat | Glucocoa dan Glucoberry ASLI